Film sesungguhnya tak ubahnya seperti novel atau cerpen, bedanya tentu saja novel dan cerpen dibaca sementara film ditonton. Namun, dari serangkaian kata-kata yang diucap oleh para pemain, terseliplah kata-kata cantik yang bisa dijadikan kutipan yang menarik.

Beberapa hari ini, saya sering menonton film. Dan ada beberapa kutipan cantik yang saya temukan dalam film-film itu. Kutipan-kutipan ini bisa berupa perkataan langsung si pemain atau juga puisi yang mereka bacakan.

Mari telusuri kutipan-kutipan itu. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi buat kamu.

1. Manusia memiliki mimpi. ada yang mengejar dan mewujudkannya. ada yang mundur dan membuangnya. ada pula yang diam dan hanya menyimpannya sepanjang sisa hidupnya.

Kutipan yang pertama ini saya ambil dari film Cinta Pertama (Sunny), dimana ini merupakan tulisan Alia dalam diarynya. nampaknya kata-kata ini begitu menginspirasi si penulis skenario, sehingga dia tak hanya menempatkan kata-kata ini dalam diary Alia, tapi juga di akhir cerita film yang begitu dramatis ini.

Bagiku, kata-kata itu juga sangat mengena. Mimpi milik semua orang.

2. Aku merasa ada yang hilang tanpa tahu apa yang sudah aku temukan

Aku merasa sudah menemukan tanpa tahu apa yang aku cari

dan aku seperti masih mencari tanpa tahu apa yang sudah hilang

Kutipan diatas masih diambil dari film yang sama, Cinta Pertama (Sunny). Disini terlihat jelas permainan kata-kata yang begitu apik dari sang penulis skenario. Begitu indahnya, sebuah kata Kehilangan bisa digambarkan dengan rumitnya liku perasaan.

3. Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan menganggapnya sebagai jalan hidup yang telah ditentukan untuk kita. Pasrah menerimanya sebagai sebuah kutukan. kalu kita ingin hidup bebas, kita harus belajar terbang.

Kutipan diatas adalah kata-kata yang diucapkan Soe Hok Gie dalam film Soe Hok Gie. Merupakan sebuah perenungannnya atas arti dari lirik lagu Donna Donna. Lagu itu bila didengerkan seksama sangat mengiris hati tapi sarat makna. ya salah satunya kutipan diatas.

4. Aku tak mau jadi pohon bambu. Aku ingin jadi pohon Oak, yang berani menentang angin

Masih mengambil dalam film yang sama, Soe Hok Gie. Kutipan diatas agaknya bisa menjadi kata-kata motivasi buat kita semua.

5. Bagi angin, sekali ia meninggalkan sebuah tempat, maka ia tidak akan pernah kembali

kutipan diatas adalah kata-kata yang diucapkan oleh Cha Eun Jae pada Ee Jung dalam film Boy Before Flower. Film yang diadaptasi dari Film Meteor Garden ternyata bukan hanya film cinta biasa. Di dalamnya kita juga bisa menemukan kutipan-kutipan cantik. Salah satunya ya yang telah disebutkan.

6. Anak-anak tidak akan ragu di depan sesuatu yang mereka suka. Karena mereka tahu mereka akan menangis jika mereka tidak mendapatkannya.

Masih dikutip dari film yang sama, Boys Before Flower. Kata-kata diatas adalah ucapan Ga Eul pada Ee Jung. Mungkin itulah kenapa ada orang yang berkata, terkadang  menjadi anak-anak itu menyenangkan juga. Ada beberapa sifat mereka yang kadang orang dewasa tidak memiliki. Orang dewasa terlalu memikirkan untung dan rugi. kalau menurutmu?

7. Aku tidak akan menyerah. Aku akan memberikan semua hal yang terbaikku agar aku tidak akan menyesal nantinya.

Kutipan diatas adalah kata-kata yang diucapkan oleh Jae Kyung pada Geum Jan Di dalam film Boys Before Flower. Bila direnungkan kata-kata itu, memang ada benarnya. Jangan pernah menyerah dalam meraih sesuatu, kerahkanlah semua kemampuanmu. tapi bila pada akhirnya kau kalah, kau tidak akan menyesa karena kamu sudah melakukan semua hal terbaikmu.

Kiranya itu saja dulu yang bisa saya posting saat ini. Saya akan tetap menonton film dan mencatat kutipan-kutipan cantik di dalamnya.

Salam,

Kei

Palembang, 29 Agustus 2012