tahukah kamu film pertama indonesia adalah film bisu? tak percaya?

berikut infonya buat kamu.

Film yang pertama kali dibuat di Indonesia adalah film bisu yang berjudul Loetoeng Kasoreng, yang syutingnya dilakukan di sebuah tempat yang jaraknya dua kilometer arah barat Padalarang. Film itu dibuat oleh perusahaan NV Java Film Co yang didirikan oleh L Heuveldorp, orang Belanda dari Batavia.

Dalam pembuatannya, Heuveldorp bekerja sama dengan G Krugers, seorang peranakan Indo-Belanda dari Bandung yang bekerja sebagai kepala Laboratorium Java Fil Co. Krugers adalah adik ipar ‘Raja Bioskop Bandung” yang terkenal, FAA Buse. Dalam pembuatannya, Heuveldorp yang sudah berpengalaman di Amerika Serikat bertindak sebagai sutradara, sedangkan Krigers sebagai kameramen. Setelah selesai diproduksi film yang seluruh pemainnya asli pribumi termasuk Martoana, Oemar dan anak-anak Bupati Bandung Wiranatakusumah V itu diputar selama sepekan, 21 Desember 1926 hingga 6 Januari 1927.

Sayangnya karena legenda “loetoeng Kasaroeng” hanya terkenal di tatar sunda, film tersebut hanya sukses dalam pemutarannya di bioskop-bioskop Bandung. Ketika diputar di luar Bandung, sambutan penonton rendah.

Sudah begitu, film masih dalam format bisu, sehingga pesan-pesan cerita tak tersampaikan. Heuveldorp sebagai produser pun merugi. Namun kerugian itu tak membuatnya jera. Ia kemudian membuat film kedua “Atjih” pada 1927. Sambutan penonton Bandung luar biasa. Begitu pula saat diputar di bioskop-bioskop Surabaya.