Siapa yang tidak tahu dengan buah kurma? Buah yang berwarna hitam dan  kurmaberasa manis ini ternyata mengandung banyak energi bagi tubuh. Sehingga tak heran pada bulan puasa, banyak orang yang menyantapnya terlebih dahulu pada saat buka puasa.

Sebenarnya apa keistimewaan dari buah ini? Yuk disimak.

Buah kurma, buah yang berasal dari timur tengah ini, dahulu dikenal sebagai buah yang mengandung energi, kalori, juga lemak yang rendah. Namun sekarang, meski lemaknya cukup rendah, diketahui bahwa kandungan karbohidrat pada buah ini adalah yang paling tinggi diantara buah-buah yang lain.

Dalam 100 gr kurma, terkandung energi sebesar 271 kilokalori, 72,2 persen karbohidrat, dan 666 mg mineral kalium. Karena tingginya energi pada kurma, beberapa ahli pun menyarankan untuk makan lima butir kurma saja dalam satu hari.

Selain mengandung zat karbohidrat, kurma juga mengandung zat kalium. Zat ini berguna dalam pertumbuhan tulang, pembentukan darah dan untuk kesehatan jantung. Zat ini juga disebut sebagai penangkal penyakit paling berbahaya abad ini, penyakit stroke.

Keistimewaan buah kurma yang lain terdapat pada rasa manisnya. Rasa manis pada kurma berasal dari gula alami sehingga mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga tentu saja tidak berbahaya bagi kesehatan.  Kandungan gula yang tinggi inilah yang dirombak tubuh kita menjadi sumber energi yang besar bagi tubuh.

Wah, jadi ga heran dong kalau masyarakat di negara Timur Tengah menggantungkan diri pada buah satu ini. Bagaimana dengan anda, apa anda juga akan memilih buah ini sebagai santapan berbuka? Mari memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita, seperti buah kurma.

Semoga bermanfaat