Kamu galau? sedih? putus asa? dan tidak tahu arah jalan?

kamu mencari-cari kata-kata yang bisa menguatkanmu?

Tidak usah jauh-jauh. Buat kamu yang muslim silahkan buka Al-quran, baca ayat-ayatnya dan renungkan artinya. Insya allah kamu akan menemukan kekuatan disana.

Yap, teman. Terkadang kita jauh-jauh mencari penghibur jiwa, padahal “sang penghibur” ada di dekat kita. Dan percaya atau tidak, para motivator juga mengutip ayat-ayat Al-quran untuk mendukung kata-kata mereka.

Dan sekarang mari berbagi beberapa ayat-ayat yang bisa menenangkan hati kita…

1. Tentang jodoh 

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum: 21)

“Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah ?” (QS. An-Nahl:72)
Coba perhatikan kata “jenis” dari kedua ayat diatas. Saya jadi bisa memahami kenapa motivator terkenal Mario Teguh bisa berkata,” belahan jiwamu hanya seindah jiwamu.” Karena memang belahan jiwa seseorang pastilah “sejenis” dengannya.
Dan saya paham pula kenapa orang bisa berkata bahwa sesungguhnya jodoh itu ada di dekat kita, ya bisa jadi jodoh itu ada di lingkungan kerja kita, lingkungan tempat tinggal, lingkungan organisasi, lingkungan keluarga atau malah jangan-jangan sahabat sendiri.
“Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyat: 49)
Nah, dari ayat ini kita tahu bahwa segala sesuatu di dunia ini mempunyai pasangan. Jadi, jangan takut tidak dapat jodoh. Jodoh itu ada, hanya saja masalah waktunya saja. Saya jadi teringat sebuah kata motivasi: semua akan indah pada waktunya.
2. Tentang kesulitan hidup 
“Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (Al Baqarah: 214)
”Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat”. (Al Baqarah : 153)

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Alam Nasyrah : 5-6).

Subhanallah, ada perasaan haru saat saya membaca ayat-ayat ini. Kita punya Allah, kenapa kita mesti takut.

3. Tentang rezeki 


”Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. ath-Thalaaq: 2–3)

”Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” ( QS. ath-Thalaaq : 4) 
 
”Katakanlah, ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).’ Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.” (Saba : 39 )
 
 

Jadi, jangan takut akan kekurangan rezeki, mintalah pada Allah, bertakwalah pada-Nya, niscaya akan dicukupkan-Nya rezeki kita. amin yarrabbal alamin.

Terima kasih sudah membaca

semoga bermanfaat.

Salam,

Kei

(plg, 12/9/12)

Advertisements